++
you're reading...
About Me, Lain - Lain

belajar UML

berawal dari project-project tentang sistem informasi, khususnya aplikasi berbasis web, saya akhirnya mengenal UML. pada awalnya saya hanya bikin saja sesuai dengan apa yang dideskripsikan, baik yang dideskripsikan oleh orang lain atau sesuatu yang saya deskripsikan sendiri atau system yang ada di bayangan. tapi kemudian saya jadi tepikir, akan lebih baik kalau sistem ini didokumentasikan, biar bisa dibaca lagi, ada dokumen yang menjelaskan sistem tersebut.

awalnya saya seketsa saja sesuai dengan apa yang saya pikirkan tapi kemudian kok gini ya?. apa seperti ini dokumentasi yang bagus itu. apakah seperti ini standar sebuah dokumen sistem. pasti ada standar yang dipakai dan disepakati semua orang….dan benar, akhirnya nemulah UML ini.

kebanyakan yang melekat dari apa yang saya pelajari adalah sesuatu yang berasal dari kebutuhan. artinya pendekatan yang biasa saya lakukan adalah dari belakang. mungkin ini dipngaruhi juga dengan sisi dominan otak kanan pada diri saya. katanya orang otak kanan tidak suka yang terstruktur, sukanya loncat-loncat dan lebih suka gambaran secara umum daripada detail.

yah… anyway, yang penting sekarang mari kita belajar UML dan implementasikan :D

About Alfan Nasrulloh

Belajar sains pada jurusan Astronomi. Fokus tugas akhir pada astronomi radio, teleskop radio, dan interferometer radio pada frekuensi rendah. Tertarik pada astronomi radio atau segala hal terkait luar angkasa dan teknologi yang menyertainya, teknologi informasi, jaringan komputer, elektronika, dan fotografi alam serta fotografi astronomi.

Discussion

2 thoughts on “belajar UML

  1. gladly someone’s using UML :)
    tapi berdasarkan pengalaman sih sekalipun UML memang ada standard spesifikasinya sendiri, kadang notasi UML suka2 diinterpretasikan beda-beda oleh masing-masing analis. Dilema…. @_@
    Goodluck anyway!

    Posted by Achmad Setio Adinugroho | May 24, 2013, 18:45
    • Wah, ada mastah datang… :D, ampun mastah…!
      saya kira UML udah jadi standard?? . saya lihat contoh-contoh dokumen SRS juga berbeda-beda satu sama yang lain, tapi paling tidak ada standard tentang diagram-diagramnya.
      Goodluck juga om :)

      Posted by Alfan Nasrulloh | May 25, 2013, 11:40

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Archives

Blog Stats

  • 19,787 hits
Creative Commons License
Content in this blog is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License, except for materials noted by © or clearly stated in the content.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 137 other followers

%d bloggers like this: